IELTS

Mempelajari IELTS bisa dari mana saja, source utama pembelajaran Jon berasal dari google. Namun untuk mencari clue apa yang harus dicari di Google, kita dapat bertanya dari teman atau mengikuti les. Jadi les sebenarnya diperlukan untuk membuat kita mengetahui sumber referensi pengajar les untuk mengajar IELTS ini, sehingga kita dapat mencari sendiri nantinya di rumah. Karena yang namanya IELTS untuk seorang peneliti atau calon pelajar di luar negeri sangat diperlukan lebih dari sekali, bayangkan ketika setiap akan tes mengikuti les berapa biaya yang kita keluarkan untuk itu. Setelah Jon mengikuti les, ada beberapa sumber yang bisa digunakan untuk belajar. Untuk melihat konten tes IELTS, kita bisa menggunakan “ielts guide” yang bisa didapatkan dari website resmi ielts.com. Ada 4 komponen tes IELTS yaitu: listening, reading, writing, speaking.

Listening terdiri dari 40 soal yang biasanya dibagi menjadi 4 bagian. Bagian pertama adalah mendengarkan identitas diri seseorang yang sedang melakukan pembelian, pemesanan hotel (intinya adalah seorang customer dengan service provider atau seller)

Reading terdiri dari 40 soal dungeon 3 artikel panjang. Soalnya meliputi pencocokan judul; pemilihan true, false at not given; mengurutkan topik utama; pernyataan yang benar terdiri dari huruf apa saja.

Writing terdiri dari 2 bagian yaitu writing task 1 dan writing task 2. Writing task 1 biasanya diminta until menjelaskan chart, graphic, process atau tabel. Writing task 2 biasanya memento untuk menulis artikel tentang setuju atau tidak setuju dengan sebuah pernyataan. Artikel writing task 1 ditulis minimum 150 kata, writing task 2 adalah 250 kata.

Interview terdiri dari 3 bagian yaitu pengenalan diri, berbicara selama 1 menit tanpa berhenti dan pertanyaan tambahan dari interviewers. Bagian pertama pengenalan diri bisa dipersiapkan kata – katanya dari rumah karena pertanyaan itu – itu saja dan nilai dibagian ini juga pengaruh. Untuk bicara selama 1 menit, biasanya memberikan nilai yang lumayan bagus karena kita bisa menceritakan apa saja menggunakan berbagai macam vocabulary. usahakan agar bercakap dengan natural, coherence, accent dan tatap mata interviewer.

Rangkuman sumber referensi belajar IELTS:

  1. IELTS Simon

Screen Shot 2015-01-04 at 4.53.14 AM